Fresh Info

Sayur & Buah Sebagai Obat Alami Penyakit Asam Urat

Asam urat atau disebut juga ghout merupakan penyakit yang di akibatkan dari adanya penumpukan asam urat di dalam tubuh yang berlebih, baik yang diakibatkan oleh produksi yang meningkat atau juga diakibatkan oleh makanan yang banyak mengandung purin, dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga terjadilah kristal asam urat menumpuk pada persendian baik itu lutut, siku ataupun lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kadar asam urat tinggi salah satunya terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi sehingga produksi kadar asam urat dalam tubuh meningkat, hal lainnya disebabkan oleh fungsi ginjal yang menurun dan tubuh tidak dapat membuang asam urat secara alami. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan sakit pada persendian karena kristal asam urat akan terbentuk dipersendian. Selain itu bahaya dari kristal dapat terbentuk di ginjal dan dapat menyebabkan penyakit batu ginjal dan selanjutnya menjadi penyakit gagal ginjal.

Pantangan asam urat yang pertama adalah anda harus mengurangi konsumsi daging, hati, ayam kalkun dan juga beberapa jenis ikan, selain itu juga penderita harus mengurangi makan sayuran tertentu yang mengandung purin tinggi, seperti Bayam.

 

Berikut Jenis Sayur & Buah Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Urat :

1. Tomat
Percaya atau tidak, sayuran yang telah akrab dengan kita sejak sebelum brojol ini mengandung banyak gizi, vitamin, mineral, potassium, zat besi, dan lain-lain dalam tomat ampuh untuk menyembuhkan asam urat dalam tubuh. Rutinlah mengkonsumsi tomat baik dimakan langsung maupun dibuat jus agar anda bisa mendapatkan manfaat tomat untuk asam urat dan menjaga tubuh dari serangan penyakit lainnya secara alami.

2. Labu kuning 
Tidak jauh berbeda dengan tomat, labu kuning termasuk jenis sayuran yang sangat bagus bagi penderita asam urat karena kandungan gizi seperti mineral vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, kalium, potassium, fosfor, natrium, serta serat selain kandungan fitonutrien tinggi yang dapat membantu menurunkan & menormalkan kadar asam urat anda. selain untuk menyembuhkan asam urat, labu kuning juga dapat mengobati penyakit ginjal, radang, demam, diare, sakit telinga, dan sebagainya.

3. Kacang panjang
Sayuran ini baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Biasanya kacang panjang diolah dengan cara dimasak sederhana atau sesuai selera, namun kacang panjang ini bisa dijadikan jus yang menyehatkan. Bahkan jus kacang panjang ini bisa dikonsumsi selama dua kali dalam sehari.

4. Sawi putih
Seperti halnya sawi hijau, sawi putih juga bermanfaat untuk mengatasi asam uratyang anda secara alami. Manfaat sawi putih juga banyak untuk kesehatan anda, selain untuk asam urat sawi putih juga dapat mengobati influenza, luka memar, bisul, rematik, dan lain-lain. Anda bisa mengkonsumsi sawi putih dengan dibuat sayur bening atau bisa juga di tumis.

5. Sawi hijau
Sawi hijau mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, serta serat yang mempunyai manfaat tidak hanya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah tetapi ternyata juga dapat melancarkan pencernaan, mencegah kanker, serta mencegah konstipasi.

6. Jus wortel 
Sayuran yang biasanya dimasak dan diberikan bumbu juga bisa dijadikan jus. Salah satu sayuran yang bisa dijus adalah wortel. Jus sayuran ini juga bisa dikombinasikan dengan buah-buahan sehingga memiliki banyak manfaat.

7. Serai 
Selain sebagai bumbu penyedap, ternyata serai juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Ini karena kandungan minyak atsiri, eugonol, kardinol yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh anda.

 

Demikianlah beberapa sayur & buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat sebagai obat alami bagi tubuh.  Jangan lupa, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Selamat mencoba.

(Dilansir Dari Berbagai Sumber : info-herbal.com ; uratku.blogspot.co.id)


"Stay Original & Fresh With ORIFRESH"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *