Fresh Info

Cegah Osteoporosis Dengan Makan Sayur Ini…..

KACANG PANJANG

Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayuran atau lalapan. Kacang panjang tumbuh dengan memanjat  atau melilit. Bagian yang akan di jadikan sayur atau lalapan adalah kacang panjang yang masih muda karena serat-seratnya masih lunak. Kacang panjang mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Daunnya disebut lembayung  dan dapat pula dijadikan sayuran hijau

 

 

Kandungan Gizi Kacang Panjang

  • Sumber protein
  • Vitamin B kompleks
  • Serat
  • Mineral
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Tembaga
  • Kalium
  • Zinc
  • Selenium
  • Vitamin K


Manfaat Kacang Panjang

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang panjang mentah memiliki kandungan vitamin K yang bagus untuk memperlancar peredaran darah dan mencegah timbulnya pengerasan pada pembuluh darah sehingga penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung tidak akan terjadi pada tubuh kita.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan vitamin B pada kacang panjang mentah dapat membantu tubuh untuk menjadikannya selalu bugar dan sehat.

  1. Sumber Antioksidan

Kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan bagi tubuh dikarenakan kandungan vitamin C, mineral serta betakaroten didalamnya. Kacang panjang juga mengandung berbagai macam karetonoid seperti lutein dan senyawa lainnya yang telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan. Antioksidan dapat membantu dalam menangkal radikal bebas agar tubuh tetap sehat.

  1. Baik Untuk Pencernaan

Kacang panjang mentah memiliki kandungan diet serat yang dapat memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan sehingga dapat memperlancar sekresi, sehingga dapat dikatakan bahwa konsumsi kacang panjang mentah dapat menghindarkan anda dari gangguan pencernaan seperti sembelit maupun penyakit yang lebih berbahaya seperti kanker usus besar

  1. Mencegah Osteoporosis

Kandungan vitamin K pada kacang panjang mentah juga sangat bagus untuk tubuh dalam membantu mencegah penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis. Konsumsi kacang panjang mentah setidaknya dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin K sebanyak 20% lebih untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

      6. Memperindah Payudara

Konon, kacang panjang mentah dapat dijadikan sebagai bahan tradisional untuk memperindah payudara Anda. Caranya mudah, tumbuk kacang panjang mentah kemudian sapukan pada payudara Anda hingga rata. Namun sebelum itu kompres payudara Anda terlebih dahulu dengan air hangat. Diamkan tumbukan kacang panjang mentah selama 1 jam pada payudara Anda lalu bersihkan dengan handuk lembut. Silahkan Anda lakukan selama 1 bulan tanpa putus, sedangkan untuk perawatan silahkan lakukan selama 2 hari sekali.

Jenis-Jenis Kacang Panjang

  1. Kacang Panjang Usus

Panjang batang kacang usus seperti pada kacang lanjaran biasa, hanya polongnya sangat panjang hingga mencapai lebih dari 80 cm. Saat masih muda polong berwarna keputih-putihan, setelah tua menjadi putih kekuning-kuningan. Biji polongnya bulat panjang, kadang sedikit melengkung, agak pipih, dan warnanya putih atau blorok (putih bernoda merah). Besar bijinya antara (5—6) mm x (8—9) mm.

  1. Kacang Busitao

Kacang busitao mirip kacang panjang lanjaran biasa, hanya batangnya pendek dan biasanya sulurnya sedikit membelit. Polong kacang busitao pendek antara 25—35 cm. Akan tetapi, rasa polong mudanya tidak kalah dengan kacang panjang. Meskipun kacang busitao termasuk ke dalam golongan kacang panjang, tetapi tanaman ini tidak memerlukan lanjaran karena polongnya terkumpul di bawah.

  1. Kacang Tolo

Kacang tolo atau kacang tunggak atau dikenal dengan nama kacang dadap. Berbatang tidak begitu panjang dan tidak membelit. Jika membelit, hanya ujung yang sangat pendek saja yang membelit. Oleh karena itu, tanaman ini tidak pernah diberi lanjaran. Polong kacang tolo pendek, berkisar 10 cm, berwarna hijau, kaku, serta tidak mudah dipatahkan. Polong yang kering berwarna kuning, keras, dan mudah pecah. Daunnya pun kaku dan agak kasar. Biji kacang ini bulat panjang, agak pipih, dan ujungnya agak jorong. Bijinya berwarna kuning cokelat dan besarnya antara (4—6) mm x (7—8) mm.

  1. Kacang Uci

Kacang uci dikenal dengan nama kacang endel. Kacang uci sering disebut kacang beras karena digunakan sebagai campuran nasi atau lepet. Kacang ini sebetulnya tidak termasuk suku Vigna sp., tetapi termasuk jenis Phaseolus calcaratus Roxb. Kacang uci ini bersifat setengah membelit, tetapi tidak pernah diberi lanjaran. Biji kacang ini kecil sekali, berbentuk bulat panjang, ada yang berwarna merah, hijau, dan hitam. Besar bijinya antara (1,5—2) mm x (5—6) mm. Daun kacang ini agak kasar dan kaku seperti kacang dadap hingga tidak pernah disayur.

(Lanjaran ; alat (berupa kayu dsb) untuk menopang dan tempat menjalarkan tanaman menjalar)

Semoga info ini dapat bermanfaat bagi para Fresh People…..
Silahkan mencoba…..



"Stay Original & Fresh With ORIFRESH"

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *